Thursday, December 19, 2013

Insert Lebih dari 1 Record Ke Database Menggunakan Transaksi

Tutorial ini membahas, bagaimana sih memasukan semua data yang ada dalam Listview ke database dan bagaimana menggunakan SQL Transaction pada aplikasi VB.NET yang dibuat.

Database enggine yang saya gunakan pada tutorial ini adalaj SQL Server 2008 R2 Express. Buat 1 database dan 1 tabel. pada Tutorial ini database saya beri nama 'db_vbdotneter' sementara itu tabel-nya saya beri nama 'MasterOrang' yang memiliki kolom-kolom: ID:PK, Nama, TanggalLahir.



Kemudian Buat 'Visual Basic Windows Form Project' baru pada visual studio anda. dan buat form seperti gambar dibawah ini :


Nama-nama Control : TB_ID,TB_NAMA, DTP_TGL_LAHIR, BTN_MASUKANKE_LIST, LISTVIEW_DATA, LISTVIEW_DATABASE, BTN_SIMPAN.

Kemudian Tulis Kode Berikut



Silahkhan anda coba aplikasi
+ Pengujian 1
Masukan 2 data dengan ID yang sama. Ingat kolom ID adalah Primary key, dalam kasus ini semua data harus tidak tersimpan pada database karena menggunakan Transaksi.
+ Pengujian 2
Masukan 2 data dengan ID yang berbeda dan tidak ada dalam database, dalam kasuk ini semua data harus tersimpan pada database.

Anda dapat mendownload source code pada : Source Code

Jika anda memahami tutorial ini, anda seharusnya dapat membuat Transaksi semisal transaksi Pembelian, yang menyimpan data ke dalam 2 tabel, yaitu master pembelian yang biasa nya berisi no nota, pembeli, id petugas kasir, dan juga barang barang yang dibeli ke tabel detail pembelian. dan semuanya dilakukan dalam 1 transaction agar jika terjadi error tidak ada data yang disimpan di database.




2 comments: